\ Apa itu PAIKEM GEMBROT?
PAIKEM GEMBROT adalah singkatan dari pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,
Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot..
AKTIF dimaksudkan dalam proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan
suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan
mengemukakan gagasan
INOVATIF dimaksudkan agar guru selalu mengemas kegiatan belajar yang
heterogen sehingga memiliki nilai tambah dalam memberikan pelayanan
pembelajaran kepada siswa,
KREATIF dimaksudkan agar guru mampu menciptakan kegiatan belajar yang
beragam sehingga memenuhi dan mampu memberikan pelayan pada berbagai tingkat
kemampuan siswa
EFEKTIF dimaksudkan agar guru mampu memanfaatkan waktu untuk mencapai
tujuan yang diharapkan. Pembelajaran menghasilkan pengalaman baru yang
cenderung permanen.
MENYENANGKAN dimaksudkan agar guru mampu menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatian secara penuh
GEMBIRA dimaksudkan agar guru menciptakan suasana belajar yang fun sehingga
siswa mampu belajar dengan enjoy pada gilirannya siswa mampu menyerap pelajaran
BERBOBOT dimaksudkan agar guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa
memiliki mutu yang baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
2. Identifikasi PAIKEM
GEMBROT
-
Siswa
terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan
mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
-
Guru
menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat,
termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan
pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
-
Guru
mengatur kelas dengan memajang buku-buku, dan bahan belajar yang lebih menarik
dan menyediakan “sudut baca”.
-
Guru
menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara
belajar kelompok.
-
Guru
mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam memecahkan suatu masalah,
untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan
lingkungan sekolahnya
3.
MENGAPA
PAIKEM GEMBROT?
ASUMSI DASAR BELAJAR
-
Belajar = Proses individual
-
Belajar = Proses sosial
-
Belajar = Menyenangkan
-
Belajar = Tak pernah berhenti
-
Belajar = Membangun makna
PERUBAHAN PARADIGMA
-
Mengajar –
Pembelajaran ( Teaching- Learning )
-
Penilaian –
Perbaikan terus menerus (Testing- Continuous Improvement)
-
Perkembangan
IPTEK, POLITIK, SOSBUD semakin lama semakin cepat
-
Teknologi
informasi / sumber belajar sangat beragam
-
Bekal
memenuhi kebutuhan manusia modern- mandiri, bekerjasama, berpikir kritis,
memecahkan masalah
-
Persaingan
internasional (globalisasi)
4. Contoh-contoh
KBM dalam PAIKEM GEMBROT
l Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong siswa
untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
Pelaksanaan KBM :
percobaan, Diskusi kelompok, memecahkan masalah, mencari
informasi, menulis laporan, puisi, cerita, berkunjung ke luar kelas
l Guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang
beragam
Pelaksanaan
KBM : Guru menggunakan alat yang
tersedia atau yang dibuat sendiri,
menggunakan gambar, Studi kasus, Nara sumber, Lingkungan.
l Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengembangkan keterampilan.
Pelaksanaan KBM : siswa melakukan
percobaan, pengamatan, wawancara,
mengumpulkan data dan mengolahnya sendiri, menarik kesimpulan, mencari
rumus
sendiri, menulis laporan dengan kata-kata sendiri.
l Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengungkapkan gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan.
Pelaksanaan KBM : siswa berdiskusi, lebih banyak pertanyaan terbuka
l Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan
kemampuan siswa
Pelaksanaan KBM : Siswa
dikelompokan sesuai kemampuan (untuk kegiatan tertentu .
Bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok tersebut. Tugas
perbaikan
atau pengayaan diberikan
l Guru mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa
sehari-hari
Pelaksanaan KBM : Siswa
menceritakan atau memanfaatkan pengalaman sendiri. Siswa
menerapkan hal-hal yang dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
l Menilai KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus
menerus
Pelaksanaan KBM : Guru
memantau pekerjaan siswa. Guru memberikan umpan balik
l Dll.
5. APA YANG
HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKSANAKAN PAKEM
-
Memahami sifat yang dimiliki anak ( rasa ingin tahu, berimajinasi
)
-
Mengenal anak secara perorangan ( still )
-
Memanfaatkan prilaku anak dalam pengorganisasian belajar ( berkelompok
dalam bermain )
-
Mengembangkan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
-
Menciptakan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik ( pajangan
kelas )
-
Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar (melatih kemampuan
seluruh indera : mengamati, mencatat, merumuskan pertanyaan, berhipotesis,
mengklasifikasikan, membuat tulisan, menggambar )
-
Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar ( penguatan
)
-
Membedakan antara aktif fisik dengan aktif mental ( sering bertanya,
mempertanyakan, mengungkapkan gagasan , tidak takut bertanya )
http://smartalzind.blogspot.com/2012/08/apa-dan-bagaimana-proses-belajar-model.html
0 komentar:
Posting Komentar